TANAMAN MAMPU MENDETEKSI POLUTAN DAN BAHAN PELEDAK

DENVER, (PRLM).- Para ahli biologi dari Universitas Negara Bagian Colorado mampu menunjukkan bahwa tanaman dapat berfungsi sebagai detektor yang sangat spesifik untuk polutan dan bahan peledak. Hasil penelitian ini muncul di jurnal ilmiah PLoS ONE. edisi terbaru.
Profesor Juni Medford bersama timnya di Departemen Biologi mampu mengaktifkan suatu sifat mendeteksi di dalam tanaman dengan cara pengkabelan ulang proses pensinyalan alaminya, sehingga tanaman akan berubah dari hijau ke putih ketika tanaman itu mendeteksi bahan kimia di udara atau tanah. Upaya ini pada akhirnya dapat digunakan untuk berbagai macam aplikasi, seperti keamanan di bandara atau pusat perbelanjaan, atau pemantauan polutan di rumah-rumah.
"Gagasan membuat tanaman detektor datang langsung dari alam," kata Medford seperti dilansir Physorg, Kamis (27/1). "Tanaman tidak bisa lari atau bersembunyi dari ancaman, jadi mereka telah mengembangkan sistem yang canggih untuk mendeteksi dan menanggapi lingkungannya. Kami telah 'diajari' tanaman cara mendeteksi hal yang buruk di sekitar kita dan bagaimana meresponsnya," jelas Medford.
"Tanaman ini direkayasa untuk mendeteksi bahan peledak, pada akhirnya dapat membantu kita melindungi pasukan dari alat peledak improvisasi (IED)," kata Linda Chrisey dari Kantor Riset Angkatan Laut Amerika Serikat.
Berdasarkan penelitian sejauh ini, kemampuan deteksi tanaman ini sama dengan atau bahkan lebih baik daripada a***g, kata Medford. Sifat mendeteksi dapat digunakan dalam setiap tanaman dan bisa mendeteksi berbagai polutan sekaligus, perubahan ini juga dapat dideteksi oleh satelit.
Dukungan dana untuk penelitian ini disediakan oleh Defense Advanced Research Projects Agency (DARPA), Kantor Riset Angkatan Laut, serta sejumlah lembaga lainnya. 
Sumber : http://www.pikiran-rakyat.com


Entri Lainnya :

0 komentar:

Posting Komentar